Siaran Langsung Piala Dunia 2018 di Rusia Bisa Ditonton Lewat Medsos?

Kejuaraan sepakbola bergengsi antarnegara yang berlangsung empat tahun sekali, Piala Dunia digadang-gadang akan menjadi satu pergelaran yang sangat megah dan meriah saat digelar di Rusia tahun depan. Beragam teknologi baru menyertai pargelaran yang mempertemukan tim-tim besar diseluruh dunia inni. Piala Dunia 2018 sendiri akan diselenggarakan di beberapa kota besar di Rusia, termasuk ibukota Moskwa. Namun, yang masih menjadi kendala sejauh ini justru adalah masalah hak siar pagelaran Piala Dunia di Rusia.

Tentu saja, siaran televisi menjadi satu media penyiaran yang paling lazim digunakan untuk menyiarkan Piala Dunia dari tahun ke tahun. Fox merupakan saluran televisi resmi yang didapuk untuk memegang lisensi hak penyiaran. Selain dari media televisi, saat ini dengan juga semakin berkembangnya media sosial, tidak menutup kemungkinan jika beberapa layanan media sosial akan turut menyiarkan secara langsung pertandingan-pertandingan sepak bola dari Piala Dunia 2018.

Media Sosial yang digadang akan turut serta menjadi penyiar langsung Piala Dunia 2018 adalah Facebook, Twitter dan Snapchat. Dikabarkan bahwa ketiga media sosial ternama tersebut sudah melakukan penawaran kerjasama terhadap Fox. Pihak saluran televisi itu pun disebut tengah mendapatkan bujukan keras dari ketiga media sosial terbesar tersebut dengan nilai kesepakatan yang bisa mencapai nilai hingga puluhan juta dollar AS atau jika dirupiahkan bisa angka miliaran rupiah.

Kesepakatan kerjasama yang ditawarkan diantaranya adalah dengan menyiarkan pertandingan-pertandingan besar di FIFA World Cup 2018 di masing-masing platform media sosial tersebut. Namun hingga saat ini tiga media sosial tersebut juga belum memberikan pernyataan resmi ataupun konfirmasi tentang kabar berita tersebut. Disamping itu, berita selanjutnya akan rumor kesepakatan tersebut juga belum bisa dibenarkan dan belum diketahui kepastiannya oleh banyak pihak termasuk dari Fox sendiri.

Fox sendiri saat ini sudah membayar cukup mahal untuk mendapatkan lisensi dari FIFA atas piala Dunia. Fox sudah membayar lebih dari 400 juta dollar atau sekitar Rp 5,3 triliun untuk mendapatkan hak siar Piala Dunia 2018 dan 2012 lalu. Selain Fox, ada juga Telemundo yang merupakan stasiun dari Comcast/NBC yang justru membyar hingga 600 juta dollar AS atau setara dengan Rp 8 triliun.

Dalam menyiarkan sebuah siaran sepakbola di media sosial juga bukanlah hal yang baru. Sebagai contoh pada bulan Mei yang lalu dimana Twitter saat ini secara resmi mengumumkan tentang kerja sama antara Twitter dan National Footbal League yang kemudian membuat Twitter bisa menayangkan pertandingan hingga beberapa tahun.

Berbeda dari Twitter, Snapchat memang tidak menyiarkan secara langsung pertandingan di National Football League pada saat itu. Bedanya adalah Snapchat menghimpun stories khusus yang berisi tentang video dari para fans yang berhubungan dengan pargelaran National Football League.

Facebook pun juga tak kalah ketinggalan dari dua media sosial tersebut. Facebook malah justru pernah melakukan kerja sama dengan Fox dalam menyiarkan pertandingan Europe Champion League secara langsung. Tidak hanya itu saja, Facebook juga menjait kerjasama dengan Univision untuk menayangkan Liga MX, Meksiko yang juga disiarkan secara langsung.

Keputusan tentang apakah untuk FIFA World Cup 2018 ini bisa disaksikan melalui media sosial tentu kita harus menunggu langkah berikutnya dari banyak pihak. Namun, jika benar tentu akan menambah kemudahan bagi para penggila sepak bola untuk bisa menyaksikan pargelaran yang selalu menyita perhatian banyak orang ini. Lantas apakah Piala Dunia 2018 akan hadir di platform media Facebook, Twitter dan Snapchat?