Profil Patrice Evra, Olympique Marseille

Patrice Evra pemain bola profesional tim Olympique MarseillePatrice Latyr Evra, lahir pada 15 Mei 1981 adalah seorang pemain sepakbola profesional yang saat ini bermain untuk klub Marseille dan juga timnas Prancis. Walaupun sejatinya seorang penyerang, Patrice Evra justru bermain di bek kiri. Menurut Sir Alex Ferguson, mantan managernya saat masih bergabung bersama Manchester United, Evra adalah salah satu bek kiri bandar sbobet terbaik di Eropa. Ia juga memiliki kemampuan memimpin yang baik sehinga mendapatkan posisi kapten untuk Manchester United dan juga Timnas Prancis.

Sebagai anak dari seorang diplomat, Evra lahir di Senegal dan tiba di Eropa saat berusia 1 tahun. Di Prancis, ia memiliki ketertarikan yang cukup mendalam terhadap dunia sepakbola. Alhasil, Evra memulai karir sepakbolanya bergabung bersama klub area  Île-de-France, tepatnya klub CO Les Ulis dan CSF Bretigny. Pada tahun 1997, Evra mengakui ketertarikannya terhadap klub profesional Paris Saint-Germain. Satu tahun kemudian, Evra menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan sebuah klub bernama Marsala di Sisilia. Evra membuat debutnya bersama klub tersebut pada musim tersebut. Namun, pada musim itu juga Evra memutuskan untuk pindah Ke CSF Bretigny.

Selama masa-masa ia bergabung bersama CO Les Ulis, Vra menjalani berbagai masa percobaan dengan berbagai klub. Dua dari klub yang cukup terkenal yang pernah menjajal Patrice Evra adalah Toulouse dan Paris Saint-Germain. Evra pun sempat dipanggil oleh Paris Saint-Germain untuk menunjukkan kebolehannya. Ia juga sempat berlatih di Camps des Loges, walau kemudian dilepaskan kembali.

Setelah gagal meyakinkan Paris Saint-Germain mengenai kebolehannya, Evra kembali ke Bretigny. Ia lalu diundang oleh salah satu temannya untuk mengikuti turnamen sepakbola indoor yang diorganisir oleh Juvisy-Sur-Orge Sports Center. Ketika sedang bermain di turnamen itu, ia terlihat oleh seorang warga Italia yang langsung mengundangnya untuk melakukan ujicoba bersama klub profesional Torino di Itali. Evra pun setuju dan menghabiskan 10 hari berlatih bersama Torino. Ia pun ditawari sebuah posisi di klub junior dari Torino. Namun, Evra juga ditawari oleh sebuah klub Serie C1, yakni Marsala, sebuah posisi profesional di klub dewasa. Evra pun memilih yang kedua dan menandatangani kontraknya. Evra mengatakan bahwa hal itu merupakan “perasaan terindah dalam sepak bola yang pernah saya rasakan”.

Evra hanya bertahan satu musim bersama Marsala. Ia lantas berpindah ke klub bernama Monza dengan nilai transfer sebesar 250,000 euro. Ia memutuskan pindah ke Monza karena pendekatan yang dilakukan ke Lazio atau AS Roma tidak menghasilkan apa-apa. Bersama Monza, Evra hanya tampil 3 kali. Debutnya adalah pada 29 Agustus 1999 dalam laga melawan Alzano. Lantas, Evra meninggalkan klub itu karena kurangnya kesempatan tampil.

Setelah keluar dari Marsala, Evra lantas kembali ke Prancis dan bergabung bersama klub Nice, klub divisi kedua dari sepakbola Prancis. Bermain sebagai gelandang, Evra berhasil mencetak 1 gol dari 18 pertandingan yang dijalaninya. Bersama dengan Nice, Evra justru menunjukkan performa yang baik dan berhasil menjadi bagian dari tim inti.

Di musim yang sama, Evra direkrut oleh rival Nice, AS Monaco. Di sini ia bermain sebagai bek kiri. Walau baik pada awalnya, AS Monaco nampaknya bukanlah yang klub yang cocok untuk Evra. Ia merasa performanya tidak cukup menonjol. Bahkan, AS Monaco sering mengalami kekalahan, seperti yang terjadi pada musim 2005-06 ketika AS Monaco terkena Knock Out. Alhasil, Evra mengatakan bahwa ia ingin meninggalkan AS Monaco dan itu benar terjadi. Pada 21 Desember 2005, Evra melakukan pertandingan terkahirnya dengan AS Monaco.

Selanjutnya, pada 27 Desember 2005, Manchester United dikabarkan berniat merekrut Evra dan segala bentuk proses perpindahan Evra telah selesai pada 6 Januari 2006. Setelah itu, Evra memulai debutnya bersama Manchester United pada 14 Januari 2006. Selama bermain bersama Manchester United, Evra meraih banyak pernghargaan.

Pada 21 Juli 2014, Evra bergabung bersama Juventus dalam kontrak dua tahun. Lalu ia mencetak gol pertamanya untuk Juventus pada pertandingan imbang melawan Sampdoria. Beberapa tahun bergabung dengan Juventus, Evra akhirnya pindah ke Olympique de Marseille pada 25 Januari 2017 dalam sebuah kontrak selama 18 bulan.